Selasa, 05 September 2023

3 Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula



Tidak perlu membaca banyak buku-buku panduan dan grammar untuk menguasai bahasa Inggris. Cukup 3 langkah mudah ini akan menuntun kamu pada tujuan kamu yaitu menguasai bahasa Inggris.

Begitu banyaknya informasi yang bertebaran di mana-mana baik di dunia nyata maupun di dunia maya, bukannya membantu kita untuk menguasai bahasa Inggris. Malah justru membuat kita makin mabuk dan pusing dibuatnya

Agar tidak bertambah pusing, simak beberapa pertanyaan yang sering diajukan para pemula yang ingin belajar bahasa Inggris di bawah ini:

Bagaimana belajar bahasa Inggris yang tepat untuk kita sebagai pemula?
Bagaimana cara yang tepat belajar untuk kita sebagai pemula?
Apa saja yang perlu dipelajari untuk sebagai pemula?
Bagaimanakah agar lancar berbahasa Inggris untuk pemula?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, sobat perlu melakukan 3 langkah kecil berikut:

3 langkah kecil untuk mempelajari bahasa Inggris untuk pemula adalah:

1. Ketahuilah kamu termasuk tipe pembelajar seperti apa.

Pada umumnya, terdapat dua tipe pembelajar bahasa Inggris.
Mereka yang:

1. Belajar dari pengalaman sendiri.
2. Belajar dari pengalaman orang lain.

Apabila kamu termasuk tipe yang pertama, maka kamu lebih suka belajar dari buku-buku, majalah, koran, situs dan yang sejenisnya

Keuntungannya dengan belajar sendiri, kamu bebas menentukan apa saja materi ataupun bagian mana yang ingin kamu pelajari.

Di samping itu, kamu memiliki kebebasan dalam hal waktu, sehingga bagi sobat yang sibuk, hal ini akan sangat membantu. Dan satu hal tidak kalah pentingnya, dengan belajar sendiri, sobat tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Kekurangannya adalah kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencapai tujuan kamu karena apabila kamu mengalami kesulitan atau masalah, maka kamu akan kesulitan mendapatkan solusinya sehingga perlu waktu untuk mencarinya sendiri.

Sedangkan apabila kamu termasuk tipe kedua, kamu mungkin lebih suka belajar dari orang lain, bisa jadi teman, saudara, guru atau lainnya. Atau mungkin kamu akan ikut kursus bahasa Inggris.

Keuntungannya kamu bisa mendapat bantuan dan bimbingan dari orang lain. Waktu untuk menguasai mungkin akan lebih singkat dibandingkan belajar sendiri karena kamu tidak perlu mencari semuanya sendiri dan mendapat masukan langsung dari pembimbing kamu.

Kekurangannya adalah biasanya waktunya harus mengikuti jadwal kursus entah itu kursus pada sebuah institusi ataupun kursus privat. Dan ditambah lagi kamu harus merogoh kocek untuk membayar biaya..

2. Ketahuilah materi apa yang ingin kamu kuasa

Apakah kita perlu mempelajari tata bahasa? Tidak perlu kalau hanya berkeinginan melatih percakapan, tapi kalau ingin serius, kamu cukup memahami apa itu: 
  1. kata
  2. frasa
  3. klausa 
  4. kalimat 
dan penggunaan keempatnya. Dengan memahami kata, frasa, klausa dan kalimat, sobat akan lebih mudah menyusun kata-kata baik itu lisan maupun tulisan bahasa Inggris.

Tenses apa yang sebaiknya kita kuasai terlebih dahulu?

Kamu cukup mengetahui dan tahu bagaimana cara

menggunakan 2 Tenses saja yaitu;

1. Present tense
2. Past tense

Dengan mengerti Present Tense, sobat bisa berbicara mengenai kegiatan sehari-hari, memberikan pendapat dan lainnya.

Dengan mengerti Past Tense, sobat dapat menceritakan apa saja yang barusan terjadi atau pengalaman di masa lalu dan lainnya.

Kuasailah kedua tenses ini dulu. Ketahuilah tidak hanya bentuk atau rumusnya saja, tapi juga makna dan penggunaannya baru sobat dapat mempelajari tenses lainnya
    Kosa kata apa saja yang perlu di ketahui?

    Kamu cukup mengetahui dan tahu cara menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari seperti kosakata dari bangun tidur hingga tidur kembali. Kuasailah kosa kata ini dan yang terpenting mengerti bagaimana cara menggunakannya dalam konteks sebenarnya.

    Bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa Inggris?

    Kamu cukup melatih pengucapan kosakata yang sudah kamu kuasai dengan cara sering mendengar dari potongan video ataupun lagu atau dari kamus online yang memiliki fasilitas suara cara mengucapkan kata, atau sobat bisa ketikan kata dalam kamus satu bahasa Inggris-Inggris, dan dengarkan lewat ikon pengeras suaranya.

    3. Bergabunglah dengan komunitas belajar bahasa Inggris.

    Cara terbaik belajar bahasa Inggris adalah dengan belajar bersama-sama dengan orang lain. Belajar ramai-ramai jelasnya lebih seru dibandingkan belajar seorang diri.

    Dengan bergabung sebuah komunitas berbahasa Inggris, masing-masing anggota dari grup tersebut bisa saling melengkapi satu sama lain - kamu bisa bertanya, bisa pula ngobrol, bisa mempraktekkan perbendaharaan kata bahasa Inggris kita, merespon pertanyaan lawan bicara, membantu teman-teman lainnya, saling berbagi informasi mengenai bahasa Inggris, pokoknya kamu bisa melakukan banyak hal di sana.

    Carilah komunitas bahasa Inggris online di mesin pencari. Saya yakin banyak tersebar di dunia maya. Pilihlah komunitas yang sesuai dengan minat kamu, entah minat kamu otomotif, musik, film, seni lukis, seni tari, komputer, jahit menjahit, wira usaha, pertanian, masakan dan masih banyak lagi.

    Pastikan komunitas tersebut menerapkan dan mewajibkan anggotanya menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi sehingga hobi kamu tersalurkan dan belajar bahasa Inggris tetap jalan.

    Sekian cara belajar bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan sobat. Terima kasih sobat sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa dengan artikel lainnya.

    Tags :

    bm
    Created by: Indra Langit

    I have been sharing my enthusiasm in English for more than 10 years and love seeing diverse learners. In my leasure time, I enjoy playing online games and writing blog.

    Posting Komentar

    Connect