Selasa, 05 September 2023

5 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris



Menguasai bahasa Inggris memberi nilai lebih tidak hanya untuk personal branding kamu tapi juga untuk kehidupan sosial kamu dari mulai dari jenjang karir, pendidikan, hiburan hingga bepergian keluar negeri. 

Mungkin sobat sering mendengar komentar atau pendapat beberapa orang di sekitar kamu yang menyarankan untuk mempunyai kemampuan berbahasa Inggris. Sementara, sebagian lainnnya bahkan memberi saran agar kamu tidak perlu mempelajari bahasa Inggris.

Pada gilirannya, hatimu menjadi bimbang dan ragu apakah perlu menguasai bahasa Inggris ataukah tidak? Seberapa penting sih belajar bahasa Inggris?

Catatan berikut ini mungkin dapat memberikan pertimbangan dalam memutuskan apakah kamu perlu atau tidaknya memiliki kemampuan berbahasa Inggris.
Kita mungkin masih mengingat apa yang terjadi di masa lalu. Dan kita tahu apa yang sedang kita alami saat ini, tapi kita takkan pernah dapat menduga apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang.
Terlepas dari kebimbangan dan keraguan kita, mempelajari bahasa Inggris bisa jadi sebuah keputusan terbaik yang kamu lakukan. Berikut beberapa alasannya.

Ada lima alasan dari berbagai area dan sudut pandang kenapa kita sebaiknya mempelajari bahasa Inggris yang mencakup mulai dari alasan profesional hingga alasan pribadi.

Bahasa Inggris merupakan salah satu dari enam bahasa resmi di organisasi dunia, United Nations atau PBB. Di samping itu, bahasa Inggris adalah bahasa resmi yang digunakan lebih dari 67 negara dibandingkan dengan bahasa lainnya di dunia.

Berikut 5 alasan kenapa belajar bahasa Inggris sangat penting untuk masa depan kamu:

1. Komunikasi

Membangun hubungan dengan banyak orang baik itu secara profesional atau secara personal merupakan keterampilan yang sangat bernilai.

Meskipun sulit untuk memperkirakan jumlah pasti penutur bahasa Inggris di dunia. Secara kasar, diperkirakan bahwa sekitar lebih dari satu milyar orang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama atau bahasa kedua. Sekitar 55% situs di internet menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Di samping itu, sejumlah besar komunikasi elektronik, di antaranya surat elektronik atau email, forum, diskusi berbagai bidang disiplin menggunakan bahasa Inggris baik itu secara tertulis maupun lisan.

Singkatnya, dengan kamu menguasai bahasa Inggris, bahasa Inggris kamu bisa menjadi jembatan komunikasi dengan orang-orang seantero dunia.

2. Pendidikan

Jika kamu berkeinginan untuk belajar atau melanjutkan pendidikan di luar negeri seperti negara Amerika Serikat, Inggris, Australia dan negara berbahasa Inggris lainnya, atau bahkan negara yang tidak berbahaya Inggris seperti Belanda, memiliki kemampuan yang memadai dalam bahasa Inggris merupakan sebuah persyaratan yang harus kita penuhi.

Dengan berbekal kemampuan berbahasa Inggris yang cukup, kamu dapat mengajukan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri tanpa harus memikirkan biaya pendidikan.

Selain itu, terdapat beberapa tes yang diakui secara internasional yang diperuntukkan bagi para siswa atau mahasiswa internasional yang bertujuan untuk menakar tingkat kemampuan berbahasa Inggri seperti TOEFL,TOEIC, atapun IELTS dan ujian sejenis lainnya.

Dengan kata lain, dengan menguasai bahasa Inggris, kamu membuka kesempatan lebih lebar untuk meraih cita-cita kamu.

3. Profesional

Menguasai bahasa Inggris dapat membantu kamu dalam jenjang karir kamu dan menambah nilai tambah pada fortopolio kamu, terutama dalam lampiran Daftar Riwayat atau Curriculum Vitae kamu.

Beberapa riset menunjukkan bahwa  rata-rata, orang-orang yang menguasai bahasa Inggris dalam pekerjaan mereka berpenghasilan 8 persen lebih besar dari pada yang tidak. Lebih dari sepertiga dunia industri dan bisnis mensyaratkan para pekerja mereka memiliki kemampuan berbahasa Inggris.

Komunitas bisnis internasional sering pula menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Jadi, apapun profesi kamu apabila ditunjang dengan kemampuan berbahasa Inggris akan memberi nilai tambah.

4. Personal

Mempelajari bahasa Inggris dapat memberikan suatu nilai lebih akan pencapaian personal dan kepuasan pribadi.

Dalam dunia hiburan, kita kerap kali mendapati banyak lirik lagu, film dan acara TV atau video di dunia maya seperti Youtube , Instagram, Facebook atau media sosial lainnya serta informasi di berbagai situs ataupun blog dan platform hiburan lainnya yang tersaji dalam kemasan bahasa Inggris. Tentunya, dengan menguasai bahasa Inggris, kita dapat menikmati berbagai media hiburan dengan porsi dan sudut pandang berbeda dibandingkan bila kita tidak menguasai bahasa Inggris.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu akan melihat dan mendengar dunia belahan lain yang hadir dalam beragam ras, kebiasaan, budaya sehingga pada gilirannya pemahaman dan perhargaan kitapun akan berbeda.

5. Bepergian

Apabila kamu berkesempatan untuk melancong dan bepergian menjelajah negara lainnya, menguasai bahasa Inggris bisa jadi akan menjadi 'sahabat setia' yang membantu kamu tatkala kamu melakukan beragam kegiatan di negara tersebut.

Misalkan, ketika kamu memesan sebuah kamar di hotel, ataupun ketika kamu harus membeli tiket untuk mengunjungi ke tempat-tempat wisata, atau juga ketika kamu menanyakan harga saat berbelanja, mungkin juga ketika kamu memesan makanan di restoran, atau mungkin ketika memesan kamar hotel untuk menginap.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu tidak perlu lagi merisaukan dalam hal komunikasi tatkala bepergian keluar negeri.

Kesimpulannya, dengan belajar bahasa Inggris memberikan dampak peningkatan nilai jual kamu tapi juga peningkatan kehidupan sosial kamu untuk ke depannya.

Setelah membaca beberapa alasan tersebut di atas, apakah menurut sobat perlu menguasai bahasa Inggris? Silakan memberikan pendapat atau komentar di kolom komentar di bawah.

Demikianlah catatan ringkas mengenai perlu atau tidaknya kita mempelajari bahasa Inggris. Kiranya rasa ingin tahu sobat dapat terjawab.

Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktu untuk sekedar membaca artikel ini.  Sampai bertemu kembali dengan artikel lainnya.


Referensi:
http://www.stgeorges.co.uk/blog/learn-english/why-should-i-learn-english (accessed 2017-07-26)
https://www.oxford-royale.co.uk/articles/reasons-learn-english.html (accessed 2017-07-26)

Tags :

bm
Created by: Indra Langit

I have been sharing my enthusiasm in English for more than 10 years and love seeing diverse learners. In my leasure time, I enjoy playing online games and writing blog.

Posting Komentar

Connect