Minggu, 03 September 2023

7 Kiat Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu



Mendengarkan lagu berbahasa Inggris adalah cara yang mudah dan menyenangkan untuk menguasai bahasa Inggris. Sembari menikmati alunan musik yang indah, di saat yang sama kamu dapat belajar bahasa Inggris. Seperti peribahasa mengatakan 'sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Apakah sobat suka mendengarkan musik? Apakah sobat juga ingin menguasai bahasa Inggris? Apabila sobat menjawab kedua pertanyaan ini dengan jawaban ya, maka tidak ada salahnya mencoba cara yang satu ini yaitu mempelajari bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu, tentunya lagu berbahasa Inggris.

Mendengarkan lagu tidak hanya menyenangkan, tapi juga membuat tubuh dan pikiran kita menjadi lebih rileks. Dan yang lebih dari itu, kita dapat menguasai bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris.

"Saya sudah sering mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, tapi kemampuan bahasa Inggris saya tidak meningkat sama sekali."

"Saya tidak yakin dengan mendengarkan lagu saya dapat menguasai bahasa Inggris."

Mungkin beberapa pernyataan di atas sempat terlintas di benak kamu.

Apakah sobat masih ragu?

Silakan simak catatan yang saya sajikan khusus untuk sobat indralangit berikut ini. Namun, sebelumnya ada beberapa catatan kecil yang perlu sobat ketahui dan merupakan jawaban dari pertanyaan di bawah ini.

Kenapa kamu dapat mempelajari bahasa Inggris dengan lagu dan musik?

Berikut beberapa alasan kenapa kamu dapat menguasai bahasa Inggris dengan hanya mendengarkan lagu:

Terbukti

Ada bukti ilmiah yang menunjukkan bagaimana musik membantu kita menguasai tata bahasa, kosakata dan meningkatkan pengucapan bahasa Inggris. Dan juga ada yang disebut efek Mozart yaitu suatu konsep yang menyatakan bahwa mendengarkan musik, terutama musik klasik, dapat meningkatkan kemampuan mental dalam hal belajar, tidak terkecuali mempelajari bahasa Inggris.

Bahasa Sehari-hari

Lagu dan musik dapat dikatakan selalu berisi segudang kosa kata, frasa dan ungkapan bahasa Inggris. Karena pada dasarnya, sebuah lagu berbahasa Inggris diperuntukkan untuk para pendengar yang memang mereka adalah penutur asli. Selain itu, bahasa yang digunakan dalam suatu lagu senantiasa kekinian dan terbarukan mengikuti perkembangan zaman. Dan tidak kalah pentingnya, bahasa Inggris yang digunakan merupakan bahasa yang memang digunakan dalam keseharian para penutur asli bahasa Inggris.

Pengucapan Bahasa Inggris

Mendengarkan lagu berbahasa Inggris secara rutin akan membuat kamu terbiasa dengan pengucapan kata-kata bahasa Inggris. Di samping itu pula, kegiatan ini akan menajamkan telinga kita sehingga pada gilirannya membantu kamu mengerti bunyi nada suara, tinggi rendahnya suara dalam bahasa Inggris. Alhasil, kamu akan mendapatkan asupan perbendaharaan yang memadai.

Mudah Diingat

Beragamnya pola kata-kata dan bunyi pengucapan yang terkandung dalam sebuah lagu senantiasa diulang berkali-kali saat lagu tersebut dilantunkan, sehingga memudahkan kamu mengingat kata-kata, frasa atau ungkapan bahasa Inggris.

Nada dan lirik lagu akan mudah merasuk ke dalam pikiran kamu dan akan selalu tergiang terus menerus dalam ingatan. Kelebihan ini memberikan kemudahan bagi kamu mengingat beraneka ragam kosakata dan frasa bahasa Inggris, serta pengucapan masing-masing dari kata tersebut. Alhasil, dalam waktu yang tidak terlalu lama, kata-kata tersebut akan tersimpan di memori kamu sehingga tidak memungkinkan bagi kamu untuk melupakannya.

Hubungan Emosional

Lagu yang sobat dengarkan membentuk suatu hubungan emosi. Hubungan ini begitu dalam, kuat dan besar dampaknya. Sebuah lagu yang memberi kesan mendalam di sanubari mampu mengungkapkan emosi serta perasaan kamu, mempengaruhi mood kita serta meningkatkan kondisi fisik dan mental.

Tatkala sesuatu itu bersifat emosional, maka mudah untuk kamu mengingatnya. Dan tentunya sulit kamu melupakannya. Hal ini menjelaskan kenapa tatkala kamu mendengarkan sebuah lagu yang berkesan di hati, alunan dan lirik lagu tersebut mampu membawa kita kembali ke suatu kenangan ketika kita mengalaminya sehingga terkadang kamu tersenyum, meneteskan air mata, terbahak-bahak dan perasaan-perasaan lainnya.

Mudah Dilakukan

Mendengarkan musik merupakan hobi yang mudah dilakukan. Salah satu alasan kenapa banyak orang sulit mempelajari bahasa Inggris lantaran mereka tidak memiliki cukup waktu untuk meluangkan diri untuk belajar bahasa Inggris. 

Akan tetapi dengan mendengarkan lagu, kamu tidak perlu menyediakan waktu khusus karena kamu dapat mendengarkan lagu di manapun dan kapanpun. Kamu bisa mendengarkannya ketika sedang mandi, memasak di dapur, atau saat mengemudi di dalam mobil. Kamu dapat selalu mendengarkan lagu kesukaan kamu berulang kali tanpa merasa bosan.

Musik dapat memberikan pemahaman bagaimana suatu kebudayaan dan kebiasaan bagaimana pola pikir dan perasaan orang-orang dari negara berbahasa Inggris.

Sudah mengerti, kan? Kalau mendengarkan lagu berbahasa Inggris memiliki banyak kelebihan dibandingkan jika kamu hanya membaca buku materi bahasa Inggris atau mengerjakan soal-soal bahasa Inggris.

Masih ingin mencoba mempelajari bahasa Inggris dengan lagu? Silakan simak catatan di bawah ini.

Berikut 7 kiat yang dapat sobat terapkan untuk menguasai bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu.

1. Memilih Lagu yang Tepat

Tidak ada untungnya apabila kamu mempelajari bahasa Inggris melalui sebuah lagu, tapi kamu tidak bisa menikmati lagu yang kamu dengarkan. Tentunya, kamu akan cepat merasa bosan.

Pilihlah lagu yang berisi bahasa yang tingkatannya sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa Inggris kamu. Di samping itu, ada pula beberapa penyanyi yang terkadang tidak menyanyikan lagu tersebut dengan tingkat akurasi pengucapan yang kurang jelas seperti lagu heavy metal.

Kamu mungkin dapat memilih sebuah lagu yang bercerita dalam sebuah kisah sehingga kamu mudah memahami dan membayangkan cerita yang terkandung dalam lagu tersebut. Namun, jika kamu benar-benar pemula, kamu dapat memulai lagu anak-anak berbahasa Inggris atau lagu besutan Dysney. Lagu ini mudah dicerna dan perbendaharaan kosakatanya biasanya merupakan kata-kata atau frasa bahasa Inggris sehari-hari.

2. Mencari Lirik Lagu

Akan lebih ideal jika kamu dapat mempelajari bahasa Inggris hanya dengan mendengarkan sebuah lagu bahasa Inggris. Namun, dalam prakteknya, kamu harus menghabiskan waktu untuk memahami dan mencerna arti kata-kata yang terkandung dalam sebuah lirik lagu sehingga kamu memahami apa yang kamu dengarkan. Dengan begitu, tatkala kamu mendengarkan sebuah lagu, kamu juga mengerti apa yang sedang kamu nyanyikan.

Bagaimana mencari lirik sebuah lagu? Tentu saja, kamu ahlinya dalam mencari lirik lagu. Kita cukup mencarinya pada beberapa situs penyedia lirik seperti lyrics.com atau smartlyrics.com atau situs penyedia lirik lainnya. Atau beberapa aplikasi pemutar lagu yang terpasang di ponsel pintar kamu biasanya memiliki fitur untuk mencari lirik. Atau bila belum memiliki aplikasi pemutar lagu kamu dapat mengunduhnya di google play atau Apps Store.

3. Mempelajari Lirik

Untuk mencerna dan mengerti dari kandungan lirik sebuah lagu bahasa Inggris adalah meninjau kembali kata-kata dalam lirik. Buatlah penggalan kata, frasa atau ungkapan. Kemudian kuasailah bagian lirik tersebut dengan mencari tahu arti dan makna kata, frasa ungkapan tersebut. Apabila kamu merasa kesulitan mengerti artinya kamu bisa mencari di mesin pencari dengan mengetiknya di kotak pencarian atau coba saja mencari bagian lirik di blog ini.

4. Ikut Menyanyikan

Terkecuali kamu harus menyanyikan lagu di hadapan ribuan penonton, maka tidak ada alasan buat kamu tidak ingin ikut menyanyinya. Jangan mengkhawatirkan dengan suara kamu ketika menyanyi, di sini kita sedang mempelajari bahasa Inggris. Cobalah menyanyikan dengan suara lantang dan kamu dapat menyanyikannya sembari melirik ke arah catatan lirik. Pada tahapan ini, kamu akan mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dan memaksa gerakan mulut dan organ penghasil suara dengan bentuk yang benar sehingga pengucapan yang dihasilkan sesuai dengan maksud dari setiap kata yang terkandung dalam lirik tersebut.

5. Menyanyikan di Luar Kepala

Setelah ikut menyanyikannya, kamu sedang memasuki tahapan mengingat lagu tersebut. Kemudian, kamu siap beralih ke tahapan berikutnya yaitu menyanyikan lagu tersebut tanpa melihat catatan lirik lagu lagi. Pada tingkatan ini, sisihkah catatan lirik, kamu akan menyanyikan lagu tersebut di luar kepala seperti kamu sedang menyanyikan lagu bahasa Indonesia. Terus ulangi, lagi dan lagi. Lambat laun, kamu dapat menyanyikannya di luar kepala seperti layaknya berbicara.

6. Meninjau Secara Berkala

Untuk berganti ke lagu lainnya, kamu tidak perlu menunggu satu lagu sampai kamu kuasai sepenuhnya. Sebenarnya, kamu bisa saja berganti dengan mendengarkan lagu lainnya. Dan setelah sekian waktu, kamu dapat kembali mendengarkan lagu sebelumnya. Ini yang disebut 'pengulangan berjeda'. Justru, cara yang demikian jauh lebih efektif dibandingkan kalau kita harus sepenuhnya menguasai satu lagu.

7. Menemukan Tingkat Kesulitan Baru

Mungkin langkah yang tersulit dalam menguasai bahasa Inggris lewat lagu adalah menemukan lagu lainnya yang memiliki keseimbangan antara kosakata baru dan kosakata yang telah kamu pelajari. Pada tingkat yang tepat akan semakin membuat mu termotivasi dan secara alami memberikan hasil yang maksinal. Berusahalah mencari lagu lainnya yang tingkatan perbendaharaan kata memiliki kesulitan lebih dibandingkan lagu sebelumnya.

Dengarkan lagu bahasa Inggris setiap hari dan kamu akan terheran-heran betapa banyaknya kata-kata, frasa dan ungkapan bahasa Inggris yang kamu kuasai dengan mudah.

Demikianlah catatan singkat mengenai bagaimana cara menguasai bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu. Semoga menjawab rasa ingin tahu sobat

Terima kasih atas waktu yang sobat luangkan untuk sekedar membaca artikel ini. Sampai berjumpa kembali dengan artikel lainnya.

Tags :

bm
Created by: Indra Langit

I have been sharing my enthusiasm in English for more than 10 years and love seeing diverse learners. In my leasure time, I enjoy playing online games and writing blog.

Posting Komentar

Connect