Minggu, 03 September 2023

3 Kunci Awal untuk Pemula agar Mahir Berbahasa Inggris



Tujuan dan motivasi yang jelas, investasi waktu yang cukup, dan ketekunan yang terus menerus merupakan kunci awal bagi pemula untuk berhasil dan mahir berbahasa Inggris.

Bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah? Atau bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan gratis?Dari kedua pertanyaan tersebut mana yang sobat pilih? Yang pertama atau yang kedua? Apabila kamu memilih satu dari dua pertanyaan tersebut di atas, maka saya tidak punya jawabannya.

Apakah belajar bahasa Inggris itu mudah? Ya, saya katakan belajar bahasa Inggris tidaklah sulit bila kamu tahu dan mengerti caranya.

Apakah belajar bahasa Inggris gratis dan tidak perlu kursus bahasa Inggris? Jawabannya Ya, kamu tidak perlu membayar satu sen pun ataupun mengikuti kursus untuk membaca posting ini.

Apakah mungkin belajar bahasa Inggris dengan cepat? Jawabannya bisa Ya, bisa pula Tidak.

Tidak, bila kamu berharap dapat menguasai bahasa Inggris dengan Instan dan berharap bisa dalam waktu semalam, kamu bisa menguasai bahasa Inggris.

Ya, bergantung seberapa cepat kamu memahami setiap kalimat yang saya tulis dan mengikuti saran dan setiap langkah-langkah yang saya berikan dan segera mempraktekannya.

Pandangan orang kebanyakan yang beranggapan kalau seseorang bisa berbahasa Inggris karena orang tersebut pintar tidak sepenuhnya benar.

Belajar bahasa Inggris tidak ditentukan apakah kamu pandai atau tidak. Perlu kamu ketahui bahwa

Bahasa Inggris bukanlah ilmu pengetahuan seperti fisika dan matematika, tapi lebih tepatnya sebuah kebiasaan.

Belajar bahasa Inggris perlu dilakukan terus menerus dan berkelanjutan, sehingga menjadi sebuah kebiasaan, kemudian menjadi bagian gaya hidup.
Ada beberapa pertimbangan yang perlu kamu ketahui dan pelajari sebelum memutuskan untuk belajar bahasa Inggris.

Saya disini tidak akan memberikan kiat khusus atau "jurus maut" tapi lebih dari sekedar sebuah pengalaman yang saya telah alami bagaimana cara saya memperoleh kemampuan berbahasa Inggris dari mulai tidak mengerti apa-apa hingga sekarang.

Beberapa pertimbangan berikut ini yang perlu kamu ketahui untuk menguasai bahasa Inggris.

1. Tujuan dan motivasi

Tujuan dan motivasi kamu belajar bahasa Inggris menentukan langkah apa yang akan kamu ambil selanjutnya. Baca dan pilihlah salah satu atau dua dari daftar penyataan-pernyataan berikut dibawah ini;
  1. Saya belajar bahasa Inggris karena tuntutan pekerjaan.
  2. Saya belajar bahasa Inggris karena ingin mendapatkan promosi pekerjaan atau jabatan.
  3. Saya ingin mendapatkan nilai bagus dalam pelajaran bahasa Inggris di sekolah atau di kampus.
  4. Saya ingin memberi kesan hebat di mata kekasih saya.
  5. Saya ingin membuktikan pada orang disekitar saya kalau saya bisa bahasa Inggris.
  6. Saya ingin menambah jumlah koleksi sertifikat dalam surat lamaran pekerjaan saya.
  7. Saya ingin belajar bahasa Inggris untuk melengkapi persyaratan dalam lowongan pekerjaan.
  8. Saya ingin belajar bahasa Inggris untuk melengkapi prasyarat kelulusan saya.
  9. Saya ingin belajar bahasa Inggris karena ikut-ikutan teman.
  10. Saya belajar bahasa Inggris karena orang tua saya yang menyuruh.
  11. Saya ingin belajar bahasa Inggris karena atasan atau perusahaan atau instansi saya mengharuskannya.
  12. Saya belajar bahasa Inggris karena ingin mengisi waktu luang saya.
  13. Saya ingin bisa menulis artikel dalam bahasa Inggris.
  14. Saya ingin meningkatkan nilai TOEFL saya.
  15. Saya ingin memperbaiki tata bahasa dalam kaitannya dengan bahasa Inggris saya.
  16. Saya hanya ingin belajar bicara bahasa Inggris dengan lancar.
  17. Saya ingin belajar bicara bahasa Inggris dengan lancar dan akurat.
  18. Saya ingin belajar bahasa Inggris karena ingin berpergian keluar negeri selama dua atau tiga hari.
  19. Saya ingin bisa menjawab soal-soal bahasa Inggris.
  20. Saya ingin mengerti ketika membaca buku-buku teks berbahasa Inggris.
Apabila pernyataan yang kamu pilih antara nomor 1 hingga 12, maka lupakan saja keinginan kamu untuk mempelajari bahasa Inggris.

Karena tujuan dan motivasi dalam belajar bahasa Inggris memegang peran yang sangat penting untuk ke depannya. Dengan mengetahui tujuan, maka kamu dapat menentukan langkah apa saja yang sebaiknya dilakukan.
Tujuan dan motivasi kamu haruslah lebih spesifik dan terarah sehingga kamu tahu pasti harus melangkah kemana.
Maka, oleh sebab itu pilihlah tujuan sesuai dengan kebutuhan sobat karena banyak hal yang dipelajari dari bahasa Inggris.

Tetapi jika pilihan kamu jatuh pada nomor 13 hingga 20, maka silakan lanjutkan membaca pembahasan berikutnya.

2. Investasi waktu

Banyak orang datang meminta saya agar memberi les privat bahasa Inggris. Mereka bahkan berani membayar mahal untuk itu. Kemudian setelah saya menyanggupinya untuk beberapa pertemuan kemudian, orang tersebut berhenti dan merelakan jumlah uang yang tidak sedikit sirna begitu saja.

Alasan yang mereka berikan cukup klasik yaitu
  • “Saya sibuk karena banyak pekerjaan”.
  • “Kegiatan kampus saya menyita waktu saya”.
  • "Saya tidak punya waktu luang."
  • “Saya sedang banyak PR”.
Dan masih banyak segudang alasan lainnya.
Banyak orang berani berinvestasi uang dan membayar mahal untuk belajar bahasa Inggris tapi hanya sedikit yang berani berinvestasi waktu.
Pertimbangan yang kedua adalah apakah kamu siap menginvestasikan waktu kamu untuk belajar bahasa Inggris?

Apabila jawabannya tidak. Maka saya harus katakan sebaiknya urungkan niat kamu untuk belajar bahasa Inggris.

3. Ketekunan

Bila kamu sudah menentukan tujuan dan motivasi, kemudian kamu sudah bertekad untuk meluangkan waktu, maka selanjutnya yang diperlukan adalah ketekunan.

Banyak pembelajar bahasa Inggris pada awalnya begitu bersemangat untuk mempelajari bahasa Inggris. Namun, seiring berjalannya waktu, semangat yang menggebu gebu itu mulai memudar. Hingga akhirnya benar-benar sirna.

Ketekunan kamu menentukan tingkat keberhasilan serta kecepatan dalam menguasai bahasa Inggris.
Tanpa adanya ketekunan maka usaha kamu akan berhenti ditengah jalan dan harus mengulang dari awal.
Maka, hasil yang diinginkan jauh dari harapan.

Tetaplah bertekun serta telaten dan luangkan waktu untuk mempelajari untuk menguasai bahasa Inggris.

Sepuluh hingga dua puluh menit sehari tidak akan merugikan kamu. Sehingga pada saatnya tiba, tujuan kamu yang telah ditentukan sejak awal akan tercapai dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Tiga hal yang telah saya utarakan diatas sebagai pedoman buat kamu yang ingin segera menguasai bahasa Inggris sesuai dengan tujuan dan motivasi kamu.

Selanjutnya, artikel saya berikutnya akan sejalan dan menyesuaikan dengan “penyataan tujuan dan motivasi kamu”. Silakan beri komentar dan masukan di kolom komentar dibawah. Saya menunggu respon sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu telah membaca artikel ini. Sampai berjumpa dengan artikel lainnya.

Tags :

bm
Created by: Indra Langit

I have been sharing my enthusiasm in English for more than 10 years and love seeing diverse learners. In my leasure time, I enjoy playing online games and writing blog.

Posting Komentar

Connect