Minggu, 03 September 2023

Penting Nggak Sih Kamu Belajar Grammar Bahasa Inggris?



Penting atau tidaknya mempelajari grammar ketika ingin menguasai bahasa Inggris sangat bergantung pada tujuan dan motivasi kamu kenapa sobat ingin mahir bahasa Inggris. 

Belajar bahasa Inggris acapkali dikaitkan dengan grammar atau dalam bahasa Indonesia disebut tata bahasa. Oleh karena itu, banyak pembelajar bahasa Inggris ingin menguasai grammar agar nantinya tujuan mereka untuk mahir berbahasa Inggris segera dapat tercapai.

Nah, ketika sobat berniat mempelajari tata bahasa suatu bahasa, kamu terkadang bingung harus memulai dari mana, apakah belajar yang ini dulu ataukah yang itu dulu? Lantas, bagaimana cara menyikapinya kalau kita ingin belajar grammar?

Sebelum bertambah bingung, kamu sebaiknya mengerti dan mengenal sedikit tentang apa itu grammar?

Apa Itu Grammar?

Menurut beberapa buku referensi, kamus, media digital, dan media lainnya yang saya telah telusuri kurang lebih kata-katanya menyebutkan grammar yaitu:

The systematic study and description of a language.
Kajian sistemik dan deskripsi bahasa.

The whole system and structure of a language or of languages in general, usually taken as consisting of syntax and morphology (includinginflections) and sometimes also phonology and semantics.
Seluruh sistem dan struktur dari sebuah bahasa ataupun bahasa secara umum, biasanya dianggap terdiri dari sintaks dan morfologi (termasuk infleksi) dan terkadang juga fonologi dan semantiks.

The structural foundation of our ability to express ourselves.
Fondasi terstruktur dari kemampuan diri untuk mengungkapkan diri.

The system of a language.
Sistem dari suatu Bahasa.

Sejalan dengan definisi yang di atas, kamu bisa melihat bahwa istilah grammar dapat merujuk baik itu struktur dalam pembentukan kata-kata atau kalimat dalam suatu bahasa atau istilahnya dikenal morfologi dan syntax maupun kajian dan deskripsi mengenai struktur bahasa yang diterbitkan sebagai kaidah bahasa dalam berbagai buku-buku.

Ada pula pendekatan lainnya yang melibatkan topik dibawah tingkatan kata atau kalimat yaitu: orthografi (ejaan, tanda baca dan huruf kapital), semantiks (makna kata), phonetiks dan fonologi (bunyi) dan pragmatik (penggunaan bahasa dalam konteks.

Setelah membaca beberapa definisi grammar, apakah kamu masih yakin ingin mempelajari grammar  bahasa Inggris?

Cakupan Grammar

Ringkasnya, berdasarkan beberapa definisi di atas, grammar dapat dikatakan mencakup:

Pembentukan kata, kalimat disebut morfologi dan sintaks.
Ejaan, tanda baca, huruf kapital disebut orthografi.
Makna kata disebut semantiks.
Bunyi dan pengucapan disebut phonetiks dan fonologi.
Penggunaan bahasa dalam konteks disebut pragmatik.

Dari catatan di atas, cakupan grammar bisa sangat luas. Dengan mengetahui bagaian-bagian dalam tata bahasa, sobat bisa tahu area mana yang ingin kamu kuasai. 

Misalnya, kamu ingin lancar berbicara bahasa Inggris, maka sobat bisa mempelajari pembentukan kata atau kalimat lewat jenis-jenis kata (part of speech), bunyi dan pengucapan, makna dan penggunaannya.

Setelah tahu cakupan grammar, masih lanjut nih ingin belajar grammar?

Baiklah, kalau begitu. Sebelum sobat memutuskan untuk mempelajari grammar, kamu sebaiknya mempertimbangkan catatan berikut.

Kebanyakan orang umumnya menggambarkan grammar sebagai sekumpulan aturan bahasa, tetapi sebenarnya tidak satu bahasa pun memiliki aturan. Jika kita menggunakan istilah aturan, kita seperti mengatakan bahwa seseorang telah menciptakan aturan lebih dahulu kemudian mengujarkannya dalam bentuk bahasa.

Tapi bahasa tidaklah berlaku seperti itu. Bahasa diawali oleh orang-orang yang membuat suara kemudian membentuk kata-kata, frasa-frasa dan kalimat. Tak satupun struktur bahasa lisan secara umum tetap. Semua bahasa, termasuk bahasa Inggris, berubah mengikuti waktu. Pernahkah sobat mendengar atau membaca kalimat bahasa Inggris seperti berikut ini.

Wherefore art thou?

Apa yang disebut grammar hanyalah sebuah cerminan dari sebuah bahasa pada periode waktu tertentu.

Apakah kamu perlu mempelajari tata bahasa untuk menguasai sebuah bahasa? Jawaban singkatnya adalah tidak. 

Banyak sekali orang-orang di dunia dapat berbicara bahasa ibu tanpa harus mempelajari tata bahasa nya. Anak-anak balita dapat berbicara bahkan sebelum mengenal kata grammar. Kita sendiri bisa berbahasa Indonesia sebelum kita mempelajarinya di sekolah.

Tetapi apabila sobat serius ingin menguasai bahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris, maka jawabannya adalah ya.

Grammar dapat membantu kamu menguasai sebuah bahasa dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Penting untuk kita mengganggap grammar seperti seorang sahabat, seseorang yang membantu kita ketika kita memiliki kendala dalam menguasai suatu bahasa. Tatkala kamu mengerti grammar atau sistem bahasa, kamu bisa memahami banyak hal yang berkenaan dengan bahasa secara mandiri, tanpa harus bertanya pada guru atau membaca buku sepanjang waktu.

Mengerti dan memahami grammar ibarat kamu memiliki sebuah peta. Dan tujuan perjalanan kamu adalah menguasai bahasa. Dengan memiliki sebuah peta di tangan mu, kamu akan lebih mudah mencari jalan dan menentukan jalan mana yang akan ditempuh untuk menuju tujuan akhir perjalanan kamu, yaitu menguasai bahasa Inggris.

Akhir kata dari saya, apakah sobat berkeinginan mempelajari tata bahasa Inggris? Semuanya kembali bergantung dari kebutuhan sobat. Apakah hanya sekedar ingin piawai berbicara bahasa Inggris dan menulis dalam bahasa Inggris? Atau ingin terjun dan mendalami seluk beluk bahasa Inggris? Tentunya, hanya sobat yang dapat menjawabnya karena hanya kamu yang mengerti kebutuhan kamu.

Demikianlah, sekilas pandang berkenaan dengan seputar tata bahasa Inggris. Semoga menjawab rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa dengan artikel lainnya.


Referensi:
What is grammar? https://www.englishclub.com/grammar/what.htm (Accessed 2017-02-23)
English grammar Introduction. http://www.whitesmoke.com/english-grammar (Accessed 2017-02-23)

Tags :

bm
Created by: Indra Langit

I have been sharing my enthusiasm in English for more than 10 years and love seeing diverse learners. In my leasure time, I enjoy playing online games and writing blog.

Posting Komentar

Connect