Minggu, 03 September 2023

5 Kiat Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Film



5 kiat berikut bisa membantu kamu menganalisa kosakata bahasa Inggris, mendengarkan pengucapan dan dapat melihat konteks. Lebih lagi, kamu akan mendapat cukup paparan bahasa Inggris sehingga pada akhirnya kami melatih dan mempraktekannya.

Selama ini, dari sejak kita mengenal kata bahasa Inggris ketika kita mempelajari bahasa Inggris, tidak penah jauh dengan namanya buku teks pelajaran bahasa Inggris. Dari mulai menghafalkan sejumlah kosakata, mempelajari jenis-jenis kata, mempelajari grammar, hingga menjawab soal-soal bahasa Inggris.

Setelah mempelajari dengan cara demikian, apakah sobat sudah cukup puas dengan kemampuan bahasa Inggris kamu? Kalau jawabannya belum, kenapa tidak mencoba cara yang satu ini, yaitu menguasai bahasa Inggris dengan menonton film.

Siapa sih yang tidak suka menonton film? Pastinya, sobat juga, kan?

Mungkin terbersit dalam pikiran sobat, apakah bisa kita menguasai bahasa Inggris dengan hanya menonton film? Bukannya, selama ini, banyak orang suka menonton film berbahasa Inggris, tapi tetap saja mereka belum bisa berbahasa Inggris.

Apapun keraguan yang menghampiri sobat saat ini, jawabannya adalah bisa. Kamu bisa menguasai bahasa Inggris dengan menonton film. Yakinkan dirimu kalau kamu bisa menguasai bahasa Inggris.

Menonton film bagi sebagian besar orang merupakan aktifitas untuk sekedar melepaskan diri dari rutinitas harian yang terus menerus dari hari Senin hingga hari Jumat selama sepekan. Singkat kata, menonton film bagi mereka adalah hal yang menyenangkan.

Sementara, bagi mereka yang merasakan kesulitan mempelajari bahasa Inggris, mempelajari bahasa Inggris adalah sebuah kegiatan belajar seputar tata bahasa dan latihan menjawab seabrek soal-soal bahasa Inggris. Pendeknya, mereka beranggapan bahwa belajar bahasa Inggris itu adalah hal menjemukan.

Bagaimana kalau hal yang menjemukan ini kita ganti menjadi hal yang menyenangkan?

Sebelum kita menapaki jalan menuju bagaimana cara menguasai bahasa Inggris dengan menonton film, mungkin untuk memompa semangat sobat untuk menempuh jalan ini, ada baiknya kamu mencermati beberapa alasan kenapa menonton film dapat menunjang kamu untuk menguasai bahasa Inggris.
Berikut tiga alasan kenapa kamu dapat mempelajari bahasa Inggris melalui film.

Bahasa Inggris yang Sesungguhnya.

Bahasa Inggris yang sobat pelajari dari buku teks bahasa Inggris bukanlah bahasa Inggris yang akan kamu dengar dari penutur bahasa Inggris yang biasanya diucapkan mereka sehari-hari.

Lantaran, bahasa Inggris yang biasanya kita pelajari selama ini merupakan bahasa formal yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk memudahkan dalam pengajaran bahasa Inggris. Misalnya, kita diajarkan apabila seseorang menanyakan alamat rumah seperti Where do you live? Kemudian, kita kemudian menjawabnya dengan I live on Pemuda street. Padahal, penutur asli jarang menggunakan model percakapan tanya jawab seperti ini.

Sebaliknya, bahasa Inggris yang kita dengarkan dalam sebuah film sangat alami. Bahasa lisan yang dituturkan dalam film sangat mendekati ujaran yang biasanya digunakan apabila kita berbicara dengan penutur asli bahasa Inggris dalam keseharian mereka.

Bahasa Inggris Dalam Konteks

Hal yang paling saya sukai dari mempelajari bahasa Inggris dari menonton film adalah kita dapat 'melihat' bahasa Inggris dalam konteks.

Biasanya, di sekolah kita mempelajari kosa kota baru dalam bentuk daftar urutan kata. Kendala yang sering kita hadapi ketika mempelajari kosa kata baru dalam bentuk daftar urutan kata yaitu mungkin kita dapat mengetahui arti dari kata tersebut, tapi tidak mengetahui dalam situasinya seperti apa, kapan sebaiknya menggunakannya, dan bagaimana menggunakan kata tersebut.

Sebagai contoh kata crime

Ketika kita mempelajari sebuah kata misalnya crime dan kemudian membuka kamus, kita mendapati definisi arti kata crime dalam bahasa Indonesia yaitu kriminal atau kejahatan. Ketika kita akan menggunakan kata ini, kita akan bingung kapan dan di mana kita dapat menggunakan kata ini serta bagaimana cara merangkainya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Dan apabila kita jarang menggunakannya, maka dapat ditebak lambat laun kita akan lupa dengan kata yang satu ini.

Sebaliknya apabila sobat menonton sebuah film detektif, kamu akan mendapati banyak arti dan makna juga ungkapan serta situasi penggunaan dari kata crime karena kamu dapat 'melihat' konteks tatkala kata crime diujarkan.

Misalnya, kita mendengar si aktor berkata, "He commited several crimes." Di sini kita mengetahui kata crime biasanya berdampingan dengan kata commit yang berarti melakukan.

Kemudian kita mungkin mendengar rangkaian kata seperti the scene of the crime atau crime scene. Dengan melihat situasi yang ada dalam film yang menunjukkan sekumpulan polisi dan detektif membuat tanda di tempat terjadinya kejahatan, kita dapat menebak dan menyimpulkan the scene of the crime atau crime scene adalah tempat kejadian perkara atau sering juga disingkat TKP.

Lalu pada adegan lainnya, kita mendengar ujaran staying here and doing nothing would be a crime. Dengan melihat raut wajahnya yang sedikit kecewa dan tarikan nafas sang aktor, kita menerka mungkin makna 'diam dan tidak melakukan apa-apa merupakan pekerjaan sia-sia'.

Atau mungkin kita mendengar sang pemain utama dengan raut wajah yang penuh keyakinan berkata 'Crime doesn't pay', maka kita bisa menerka kemungkian artinya kejahatan pada akhirnya akan kalah dan pelakunya akan dihukum.

Hal ini tidak pernah kamu dapati ketika mempelajari bahasa Inggris dengan buku teks pelajaran bahasa Inggris.

Cara Bahasa Inggris Dituturkan

Dalam bahasa Inggris, penutur asli menuturkan 30% dari apa yang ingin mereka utarakan melalui kata-kata. Lantas bagaimana dengan sisanya yang 70%?

70% di sini meliputi bagaimana ujaran tersebut dituturkan. Dengan kata lain, sebuah ujaran bahasa Inggris tidak hanya berbicara tentang deretan kosakata, tapi bagaimana kata-kata tersebut diungkapkan, diekspresikan melalui raut wajah seperti sebuah senyuman, kernyitan dahi, sorotan mata, atau melalui tinggi rendahnya intonasi suara seperti suara marah, kecewa, sedih, gembira dan lainnya.

Seperti yang kita ketahui justru bagaimana suatu ungkapan atau atau ujaran dituturkan memegang peran penting dibandingkan dari kata-kata yang diucapkan

Untuk memahaminya, saya berikan sebuah contoh berikut:

Excuse me.

Tentunya, sobat pernah mendengar ungkapan bahasa Inggris di atas. Ungkapan excuse me biasanya diartikan secara harfiah dalam bahasa Indonesia dengan ungkapan 'maafkan saya'. Namun, ada pula yang menerjemahkannya dengan kata 'permisi'.

Tahukah sobat, kalau ungkapan excuse me memiliki makna yang berbeda dan bergantung dari bagaimana kita mengujarkannya.

Excuse me?
Ketika kamu melihat raut wajah penutur menunjukkan rasa ingin tahu atau bingung, frasa ini bermakna dan berfungsi meminta perkataan yang diucapkan diulang lagi.

Excuse me!
Ketika kamu melihat raut wajah penutur menunjukkan rasa tidak senang dengan yang dikatakan lawan bicaranya, frasa ini bermakna menunjukkan ketidak setujuan.

Excuse me.
Ketika kamu mendengar frasa diucapkan lebih jelas dan datar. Hal ini menunjukkan penutur meminta perhatian dari lawan bicaranaya.

Mengetahui apa yang orang katakan adalah hal penting, tapi bagaimana kata-kata tersebut dikatakan jauh lebih penting.

Dengan mengamati para pemain film, kamu tidak hanya mempelajari kata-kata baru, tapi juga kamu belajar bagaimana kata-kata tersebut diucapkan. Kamu dapat melihat raut wajah para pemain film itu apakah sedang sedih, bahagia, kecewa, terkejut, ataupun marah.

Dan pastinya kamu akan melihat semua in seperti yang telah saya utarakan sebelumnya dengan belajar bahasa Inggris lewat film. Ini semua tidak kamu dapatkan tatkala kamu belajar bahasa Inggris dari buku-buku teks bahasa Inggris.

Apabila kamu masih tertarik mempelajari dan menguasai bahasa Inggris lewat menonton film? Silakan mencoba kiat-kiat di bawah ini.

Beberapa ini 5 kiat yang dapat kamu terapkan untuk mempelajari bahasa Inggris dengan menonton film.

1. Pilihlah Film Kesukaan Kamu

Mungkin kiat yang satu ini terlalu mudah ditebak dan terdengar sepele, tapi apabila kamu memilih sebuah film yang membosankan, tentunya dalam hitungan detik, kamu akan tertidur lelap dalam buaian mimpi sebelum kamu selesai menonton film tersebut. Disamping itu, jika sobat merasa bosan dengan film tersebut, maka sulit buat kamu untuk selalu menonton dan memperhatikan film tersebut hingga berjam-jam ataupun kalau kamu harus menontonnya berulang kali.

2. Sesuaikan dengan Tingkat Bahasa Inggris Kamu

Apabila tingkat bahasa Inggris masih taraf pemula, saya sarankan kamu mempelajari bahasa Inggris dengan menonton film animasi seperti film produksi Disney, misalnya, Big Hero, Frozen, Zootopia, atau lainnya. Alasannya adalah bahasa Inggris yang digunakan tidak terlalu rumit dan mudah dicerna karena memang film tersebut diperuntukkan untuk anak-anak.

Dan sebaliknya, jika kamu menonton film jadul seperti Romeo and Juliet. Kamu akan merasa bingung atau bahkan frustasi karena bahasa Inggris yang digunakan dalam film tersebut adalah bahasa Inggris kuno.

3. Membuka Kamus Seperlunya

Jika memang diperlukan, kamu dapat membuka kamus untuk kata-kata yang sulit diterka artinya. Meskipun demikian, kamu tidak perlu setiap saat membuka kamus untuk kata-kata yang tidak kamu mengerti. Membuka kamus setiap saat lambat laun akan mematikan daya nalar dan kemampuan analisa kamu dalam menerka arti kata-kata baru.

Kamu dapat mengerti dan menerka arti kata-kata bahasa Inggris tersebut dengan melihat serta mencermati bentuk visual baik raut wajah, bahasa tubuh, intonasi suara serta situasi disekitar para pemain film. Dengan kata lain, cobalah menebak arti kata bahasa Inggris yang tidak kamu ketahui sebelum kamu memutuskan untuk membuka kamus.

4. Menonton Tanpa Subtitle 

Menonton film bahasa Inggris tanpa subtitle bisa menjadi sebuah tantangan. Namun, apabila sobat kesulitan tanpa subtitle, cobalah cara berikut.

Kali pertama menonton film, gunakan subtitle bahasa Inggris. Tapi jika sobat masih juga kesulitan, kamu bisa menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Dengan demikian, setidaknya kamu mengerti jalan cerita film tersebut. Setelah mengerti jalan ceritanya, beralihlah dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris.

Untuk kali kedua menonton film yang sama matikan fasilitas subtitle. Pada tahap ini, kamu mencoba memahami dan mencerna setiap kata, frasa atau ujaran pemain film tersebut. Atau kamu dapat mengukur kemampuan diri dengan melihat seberapa banyak yang kamu mengerti ketika menonton tanpa subtitle.

5. Menonton Tanpa Tekanan

Tidak menjadi masalah apabila kamu melewatkan beberapa kata, frasa atau bahkan semua ujaran yang dikatakan oleh pemain film tersebut. Kamu selalu dapat mengulangi film yang sama di kemudian hari. Yang terpenting dalam menguasai bahasa Inggris melalui film adalah tanpa adanya tekanan dan yang jelas haruslah menyenangkan.

Itulah beberapa kiat mempelajari bahasa Inggris yang menyenangkan yang dapat sobat terapkan, tapi...

Apabila kamu ingin mempelajari bahasa Inggris secara serius, sobat dapat mencoba beberapa langkah yang dilakukan secara intensif sebagai berikut.

Hari pertama

Menonton potongan sebuah adegan film dengan durasi 2 hingga 4 menit dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris. Lakukan hal ini 4 hingga 5 kali dalam satu hari.

Hari Kedua

Menonton potongan adegan film yang sama tapi tanpa subtitle sama sekali. Lakukan hal ini 4 hingga 5 kali dalam satu hari.

Hari Ketiga

Menonton potongan adegan film yang sama. Kemudian tekan tombol pause setiap kalimat yang diujarkan dan katakan dan ulangi ujaran tersebut setiap kalimatnya. Tirulah pengucapan bahasa Inggris setiap kalimatnya.

Hari Keempat

Menonton potongan adegan film yang sama.. Tirukan dan katakan pengucapan setiap kalimat yang diujarkan dalam film tanpa menekan tombol pause. Gunakan subtitle bahasa Inggris bila diperlukan.

Hari Kelima

Menonton potongan adegan film yang sama. Tanpa menggunakan subtitle, tirukan dan ujarkan setiap pengucapan kalimat dalam film disertai emosi, perasaan dan gerakan tubuh atau bahasa tubuh.

Hari Keenam

Menonton potongan adegan film yang sama. Rekam suara kamu dengan ponsel kamu ketika menirukan pengucapan setiap kalimat dalam film. Bandingkan rekaman pengucapan kata-kata bahasa Inggris kamu dengan pengucapan yang ada dalam film tersebut.

Proses alami menguasai bahasa Inggris melalui film dimulai dari mendengar, mendengar, lalu mendengar, kemudian memahami, lalu mengulangi berulang kali dan terakhir mengujarkan.

Demikianlah catatan saya mengenai cara menguasai bahasa Inggris dengan menonton film.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca artikel ini. Kiranya catatan ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Sampai bertemu kembali dengan artikel-artikel lainnya.


Tags :

bm
Created by: Indra Langit

I have been sharing my enthusiasm in English for more than 10 years and love seeing diverse learners. In my leasure time, I enjoy playing online games and writing blog.

Posting Komentar

Connect